Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Ketuban Pecah Dini Ala Lactamil

Kondisi ibu hamil memang cukup riskan mengalami gangguan diantaranya ketuban pecah dini kemudian terjadinya keguguran ataupun kelahiran prematur. Seorang ibu hamil harus mendapat asupan nutrisi secara maksimal dari segi makanan ataupun minuman. Satu susu khusus ibu hamil yakni Lactamil bisa jadi andalan karena sudah terbukti mampu merawat kondisi janin serta memberi nutrisi lebih baik kepada ibu hamil. Beragam produk dari Lactamil memiliki manfaat salah satunya mencegah terjadinya ketuban pecah secara dini.

ketuban pecah

 
Kondisi ketuban pecah lebih awal atau disebut Premature Rupture of Membranes (PROM) menjadi kendala bagi ibu hamil karena kondisi kantung ketubah mengalami gangguan sebelum terjadinya proses melahirkan. Hingga sekarang masih belum banyak studi membahas faktor penyebab dari ketuban pecah secara dini tersebut, akan tetapi terdapat beberapa dugaan yang memperbesar peluang diantaranya:

  1. Terdapat infeksi di bagian rahim, vagina dan leher rahim.
  2. Sering mengkonsumsi makanan dan minuman kurang sehat.
  3. Kebiasaan merokok ataupun perokok pasif.
  4. Pengalaman operasi seviks.
  5. Kondisi peregangan rahim lebih cepat.
  6. Memiliki riwayat ketuban pecah dini.
  7. Terjadi pendarahan pada trimester dua dan tiga.
Kondisi ketuban memang cukup rawan pada usia kehamilan tua sehingga perlu berhati-hati dalam melakukan aktivitas ataupun konsumsi makanan serta minuman. Bagi ibu hamil perlu tahu tanda awal dari ketuban pecah yakni keluarnya cairan melalui vagian secara perlahan, akan tetapi banyak ibu hamil merasa tidak terjadi apa-apa dan menganggapnya sebagai urin. 

Ada beberapa efek buruk jika ketuban mengalami pecah lebih dini bagi ibu serta bayi diantaranya:
  1. Mempertinggi potensi keguguran bayi.
  2. Kelahiran bayi premature.
  3. Kondisi bayi terlilit tali pusar.
  4. Bayi dan rahim bisa mengalami infeksi.
Memang dari dampak ketuban pecah dini bisa mengakibatkan keguguran bahkan mengancam jiwa si ibu hamil. Beberapa tes sebenarnya bisa dilakukan untuk memeriksa apakah ibu hamil mengalami gangguan ketuban atau tidak berupa perawatan medis, tes laboratorium, pemeriksaan fisik, pemeriksaan steril vagian. Bagi ibu hamil memang perlu pengawasan lebih detail sehingga saat terjadi ketuban pecah lebih awal bisa cepat ditangani oleh medis. 

Sebagai pencegah, ibu hamil bisa mengkonsumsi susu yang terbukti memiliki manfaat kepada kesehatan janin dan ibu hamil salah satunya Lactamil. Pemeriksaan rutin juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi gangguan dini terhadap ibu dan janin. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin maka nyawa janin bisa diselamatkan serta memberi kesehatan bagi tubuh ibu hamil.

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Ketuban Pecah Dini Ala Lactamil Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Ketuban Pecah Dini Ala Lactamil Reviewed by Marcelina on 04:05 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.