Langkah Persiapan Kehamilan Pertama

Berbicara soal kehamilan tentu tidak berfokus pada usia 9 bulan saja, tetapi harus mempersiapkan tahap sebelum kehamilan terjadi. Bagi para pasangan muda sangat perlu mempersiapkan kehamilan mulai dari menambah asupan nutrisi untuk memberi asupan lebih baik pada pertumbuhan organ vital si bayi dan ibu. Beberapa makanan mengandung banyak protein, karbohidrat, serta lemak harus disesuaikan dengan gizi ibu hamil. Tidak hanya itu saja, masih banyak persiapan lainnya yang wajib diperhatikan oleh ibu sebelum menghadapi kehamilan. 

persiapan kehamilan
 
Bagi beberapa ibu menghadapi kehamilan bisa menjadi satu ketakutan, akan tetapi bila semua sudah dipersiapkan sejak awal maka proses kehamilan hingga kelahiran bisa sangat lancar. Maka dari itu agar proses kehamilan Anda bisa lancar berikut tips persiapan kehamilan pertama.

Memilih Asupan Makanan Bergizi
Ketika mempersiapkan proses kehamilan pertama sebaiknya pilihlah asupan makanan lebih baik dengan memberi tambahan buah ataupu sayuran di setiap menu sehari-hari. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan menghindari makanan berlemak serta berkalori tinggi bahkan junkfood bisa jadi cara mudah untuk mempersiapkan kehamilan. 

Dari kandungan alami sayuran dan buah bisa memberikan asupan gizi lebih baik. Beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, susu lemak rendah, serta gandum sangat disarankan untuk mendukung kehamilan pertama.

Menambah Zat Besi
Banyak ibu hamil mengalami kelelahan atau sering lemas yang dikarenakan kondisi tubuh tidak mendapat asupan nutrisi lebih baik. Maka dari itu dalam mempersiapkan kehamilan wajib mengkonsumsi makanan mengandung zat besi ataupun multivitamin untuk menghindari anemia atau kekurangan sel darah merah. 

Hindari Alkohol
Beberapa penelitian memberi pernyataan bahwa konsumsi alkohol bisa mengganggu kesuburan, maka untuk mempersiapkan kehamilan sebaiknya Anda berhenti konsumsi alkohol agar kondisi kesehatan ibu dan janin bisa lebih baik. 

Hindari Asap Rokok
Tidak hanya memperhatikan asupan nutrisi saja, Anda juga bisa menghindari radikal bebas seperti polusi udara berupa asap rokok atau asap kendaraan yang berlebih. Kebiasaan menjadi perokok pasif menjadi penyumbang terbesar janin mengalami gangguan, jadi mintalah suami Anda untuk berhenti merokok. 

Menjaga Berat Badan
Kondisi berat badan berlebih juga tidak baik untuk kesuburan, maka sebisa mungkin jaga berat badan agar tetap ideal dengan cara rajib berolahraga serta kontrol berat badan secara rutin.

Konsumsi Susu
Satu lagi cara paling mudah dalam mempersiapkan kehamilan adalah mengkonsumsi susu yang mengandung asam folat. Lactamil bisa jadi solusi karena mampu menyediakan asupan gizi lebih lengkap kepada ibu hamil dalam bentuk susu. Kebutuhan asam folat memang jadi cara tepat untuk mendukung perkembangan serta metabolisme pada proses pembuahan. Beberapa penelitian juga memberi hasil bahwa asam folat mampu menurunkan resiko bayi cacat atau mengidap penyakit berbahaya.

Cara tepat dalam persiapan kehamilan pertama memang harus dilakukan dengan benar agar kondisi ibu bisa sehat sehingga pembuahan bisa cepat terjadi. Jangan lupa selama masa kehamilan seringlah mengecek kesehatan janin dan mengkonsumsi asupan nutrisi tambahan.

Langkah Persiapan Kehamilan Pertama Langkah Persiapan Kehamilan Pertama Reviewed by Marcelina on 05:02 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.