Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Sepeda Lipat

sepeda lipat

Pada era modern tentu kita sangat mengenal sepeda lipat sebagai alat transportasi, alat yang digunakan untuk melakukan perpindahan baik berupa barang atau bahkan makhluk hidup dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan sebuah alat yang digerakkan oleh manusia, hewan atau bahkan mesin. Alat transportasi sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu alat transportasi darat, air, udara dan ada juga yang dikenal dengan sebutan alat transportasi publik yaitu dimana penumpang bepergian tidak menggunakan kendaraannya sendiri.

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi darat yang menggunakan roda dua atau tiga yang dikendalikan dengan setang serta memiliki tempat duduk dan pedal pengayuh yang digerakkan oleh kaki untuk menjalankannya. Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang ramah lingkungan karena pengoperasiannya sendiri tanpa motor atau dengan kata lain tidak membutuhkan bahan bakar sehingga tidak menyebabkan polusi lingkungan. Sepeda sendiri sudah dikenal sejak abad ke 18 dimana pada masa itu kerangkanya sendiri dibuat masih menggunakan bahan kayu dan tidak memiliki pedal untuk pengayuhnya.

Saat ini sepeda memiliki banyak macam jenisnya, mulai dari sepeda balap, sepeda gunung, sepeda hybrid, cruiser bike, city bike, sepeda BMX dan sepeda lipat. Berbicara dari jenisnya tentu sepeda ini adalah salah satu jenis sepeda yang sangat unik karena memiliki ciri yang tidak dimiliki oleh sepeda lainnya yaitu dapat dilipat dan mempunyai engsel pada kerangkanya sehingga bisa dilipat menjadi lebih praktis sehingga tidak memakan tempat. Sepeda ini juga mudah dibawa kemana saja karena kepraktisannya, dapat dibawa ke dalam kendaraan umum, apartemen, hotel, kantor dan lainnya dimana hal ini tidak memungkinkan untuk dilakukan oleh jenis sepeda biasa pada umumnya.

Sepeda jenis ini tidak memiliki shock pada bagian depannya sehingga sangat disarankan pada pengoperasiannya untuk menghindari lubang atau jalan tidak rata dan biasanya digunakan pada jalanan beraspal yang halus dan jangan sekali-kali digunakan pada medan berat atau digunakan untuk melakukan freestyle. Untuk perawatannya pun tidak disarankan mencuci sepeda ini dengan menggunakan semprotan air yang sangat keras atau deras dimana hal ini untuk menghindari masuknya air pada sela-sela komponen sepeda sehingga nantinya dikhawatirkan dapat menyebabkan karat jadi hanya disarankan untuk menyiram secara perlahan dan mengeringkannya kembali dengan lap.

Jika Anda tertarik dengan sepeda yang bisa dilipat dan berniat ingin membelinya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya, yaitu:

  • Perhatikanlah ukuran roda/ban
Sepeda jenis ini biasanya memiliki ukuran roda/ban 16 inchi atau 20 inchi dimana ukuran ini tentu lebih kecil dari sepeda pada umumnya. Untuk roda dengan ukuran 16 inchi umumnya lebih praktis atau lebih mudah dilipat dan saat dijinjing atau dibawa bepergian karena tentu ukurannya yang lebih kecil. Untuk roda dengan ukuran 20 inchi lebih cocok digunakan bagi orang yang berpostur lebih besar dan lebih mementingkan kinerja dari sepedanya.

  • Perhatikan tingkat kenyamanannya
Pada umumnya sepeda jenis ini menawarkan kenyamanan yang sangat baik dan daya tahan yang sangat baik bahkan ketika digunakan dengan kecepatan tinggi. Oleh sebab itu perlu diperhatikan tinggi tempat duduk dan ukuran kerangkanya.

  • Perhatikan hal-hal teknis sepeda lipat
Seperti halnya di poin sebelumnya, Anda harus memperhatikan kekuatan kerangka dengan memilih jenis kerangka yang kuat atau kaku dan perhatikan juga sambungan lasnya dengan memilih yang paling rapi dan terlihat bagus.

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Sepeda Lipat Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Sepeda Lipat Reviewed by Marcelina on 05:08 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.