Tips untuk Sukses Menjalankan Bisnis Rumah Tangga

Berbisnis menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan selain harus bekerja di tempat lain seperti di perusahaan. Akan tetapi, untuk berbisnis Anda harus siap untuk menanggung resiko untuk rugi karena usaha tidak selalu usaha atau bisnis dapat berjalan dengan baik. Salah satu bisnis yang dapat dijadikan sebagai pilihan adalah bisnis rumah tangga. Usaha rumah tangga adalah suatu usaha dengan menggunakan modal kecil dan dikerjakan di rumah. Biasanya yang melakukan usaha rumah tangga adalah ibu rumah tangga.

bisnis makanan

 Untuk melakukan usaha rumah tangga, pilih terlebih dahulu jenis usaha yang hendak Anda lakukan. Misalnya di bidang kuliner. Terdapat beberapa jenis usaha rumah tangga di bidang kuliner yaitu:

  • Menjual aneka minuman jus and blending atau shake. Anda hanya perlu menyiapkan blender serta bahan utama seperti buah, susu, gula messes untuk menyajikan minuman tersebut.
  • Menjual makanan ringan. Anda dapat membuatnya sendiri atau menggorengnya sendiri ataupun membeli dalam jumlah yang banyak kemudian di bagi menjadi bungkusan yang lebih kecil.
  • Membuat roti dan kue.

Setelah Anda memutuskan bidang apa yang akan Anda kelola, baik di bidang kuliner ataupun di bidang lainnya seperti fashion, perhitungkan mengenai keuangan yang akan digunakan untuk membangun bisnis rumah tangga yang akan Anda kelola. Apabila modal yang dimiliki kecil untuk memulai bisnis tersebut, maka dana yang digunakan sebaiknya ¼ dari jumlah modal yang dimiliki. Pembagiannya yaitu ¼ untuk modal awal, ¼ sebagai dana cadangan dan ½ dananya dipergunakan untuk mengembangkan usaha tersebut. Jika penggunaan modal awal tidak berjalan dengan baik, maka sisa modal yang lain dapat dipergunakan untuk memulai usaha yang baru atau untuk memperbaiki usaha yang lama.

Setelah Anda sudah memulai usaha rumah tangga, terdapat sifat dan sikap yang harus Anda miliki sehingga usaha Anda dapat berjalan sesuai dengan yang Anda inginkan dan mencapai tujuan bisnis Anda yaitu:

  • Tekun dan rajin.
  • Tidak mudah menyerah sehingga ketika usaha tidak sesuai dengan rencana atau dalam keadaan yang buruk, Anda mampu untuk bangkit kembali.
  • Jujur karena kejujuran dalam membangun usaha sangat diperlukan.
  • Teliti.
  • Pintar untuk mencari celah sehingga Anda dapat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mengembangkan bisnis Anda.

Keempat adalah jangan lupa untuk mengutamakan kepuasan dari konsumen. Jika Anda membuat usaha dalam bidang makanan, maka cicipi atau coba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah rasanya dapat diterima atau tidak. Jika di bidang fashion, seperti Anda menjadi reseller atau membuat aksesoris, selalu pantau tren yang sedang ada saat ini sehingga Anda dapat menyeimbangkan dengan keinginan pasar.

Tips lainnya untuk membangun dan mengembangkan bisnis rumah tangga yaitu:

  • Jangan terlalu berkeinginan untuk mengambil untung yang besar karena biasanya harga yang mahal untuk barang yang baru saja diperkenalkan, membuat konsumen menjadi tidak ingin untuk membeli barang atau jasa yang Anda tawarkan.
  • Jangan lupa untuk selalu membuat pengaturan keuangan. Catat pemasukan dan pengeluaran yang Anda peroleh dari bisnis tersebut. Namun, hindari untuk menyimpan uang ke tempat yang sama dengan uang yang Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari agar bisnis Anda dapat berkembang dengan baik dan tidak mengganggu keadaan keuangan harian Anda.
  • Perbanyak jaringan baru misalnya koneksi dengan orang yang membuka usaha di bidang yang sama sehingga dapat membantu untuk mengembangkan usaha Anda.
Tips untuk Sukses Menjalankan Bisnis Rumah Tangga Tips untuk Sukses Menjalankan Bisnis Rumah Tangga Reviewed by Girs on 05:25 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.