Tahapan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan yang Harus Bunda Ketahui

Proses perkembangan bayi bisa dikatakan sangatlah unik dan menarik untuk diikuti, terutama bagi orang tua yang baru pertama kali merasakan pengalaman memiliki bayi. Mulai dari proses kelahiran hingga usia 6 bulan merupakan momen yang istimewa karena si kecil mulai belajar melakukan hal-hal baru yang mengejutkan. Seperti apa perkembangan bayi usia 6 bulan dan apa yang biasanya dilakukan oleh si kecil di usia ini?

perkembangan bayi usia 6 bulan

Perkembangan Bayi Ketika Menginjak Usia 6 Bulan
  • Mulai belajar duduk tanpa bersandar
Di usia 6 bulan, bayi akan mulai belajar duduk tanpa bersandar. Namun, karena di usia ini ia belum memiliki kekuatan punggung yang cukup, Anda bisa membantunya berlatih duduk sambil memangkunya. Ketika diajak bicara, si kecil juga sudah bisa mencari arah sumber suara dengan menoleh ke arah kanan dan kiri atau memperhatikan Anda dengan tersenyum. Tak sedikit pula bayi usia 6 bulan yang mulai bisa menirukan suara Anda ketika diajak ngobrol.
  • Fungsi tangan dan jemari bayi mulai optimal
Fungsi tangan dan jemari bayi juga akan lebih optimal ketika ia menginjak usia 6 bulan. Si kecil akan lebih sering menggerakkan tangannya untuk mengambil, memegang dan memukul benda-benda di sekelilingnya. Ia akan menunjuk sambil mengangkat lengannya jika tertarik pada suatu benda di sekitarnya. Tak jarang pula si kecil akan memindahkan suatu benda dari satu tangan ke tangan lainnya atau memasukkan benda tersebut ke dalam mulutnya.
  • Indera penglihatan bayi lebih berkembang
Perkembangan bayi usia 6 bulan juga bisa dilihat dari perkembangan indera penglihatannya. Indera penglihatan bayi berusia 6 bulan mengalami perkembangan yang lebih baik dan sudah bisa melihat dengan jelas. Si kecil mulai bisa mengenali benda berukuran besar dan kecil maupun orang-orang di sekitarnya.
  • Bayi mulai belajar merangkak dan berguling
Di usia ini, bayi juga mulai belajar merangkan dan berguling. Ia akan mulai merangkak maju perlahan-lahan untuk meraih suatu benda atau menghampiri Anda. Gerakan merangkak ini biasanya diaawali dengan menggeser badan ketika tengkurap dan mengangkat badannya dengan kedua tangan dan kaki sebagai tumpuan.
Untuk merangsang kemampuannya ini, Anda bisa memberikan mainan di hadapannya agar ia terdorong untuk merangkak menghampirinya. Merangkak merupakan tahapan si kecil sebelum mulai berjalan. Dalam tahapan ini, sebaiknya jangan membiasakan bayi agar selalu duduk di stroller atau selalu digendong agar bayi terstimuli untuk merangkak.
  • Berat badan bayi bertambah
Perubahan yang bisa dilihat ketika bayi berusia 6 bulan adalah berat dan tinggi badannya mulai bertambah. Setelah proses kelahiran, berat badan bayi bisa bertambah sekitar 600 gram - 1,5 kg tiap bulannya. Ketika menginjak usia 6 bulan, berat badannya bisa dua kali lipat dari berat badan saat lahir dan pertambahannya akan melambat hingga menjadi 500 gram saja per bulannya.
  • Mulai menirukan suara
Di usia ini, si kecil juga akan mengalami perubahan dalam hal berbahasa. Ia akan mulai mengeluarkan kata-kata “papa”, “mama” atau “dada” secara berirama. Si kecil juga mulai menirukan kata-kata orang yang mengajaknya berbicara sambil tertawa, mengoceh dan mengangkat kedua tangannya.

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, ia akan belajar menggunakan inderanya untuk mengeksplorasi keadaan di sekitarnya. Anda bisa menstimulasi perkembangan bayi usia 6 bulan ini dengan menyediakan mainan yang lembut, aman bagi bayi dan berbunyi untuk merangsang inderanya yang lain.

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan yang Harus Bunda Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan yang Harus Bunda Ketahui Reviewed by Girs on 01:15 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.